Select Your Favourite
Category And Start Learning.

Kumpulan Cerita Inspiratif

Teks cerita inspiratif merupakan salah satu teks yang menjadi materi pembelajaran di sekolah. Untuk mempermudah belajar, berikut ini contoh teks cerita inspiratif lengkap dengan strukturnya.
Mengutip dari “Modul Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 2”, teks cerita inspiratif merupakan teks atau prosa yang mempunyai tujuan untuk memberikan inspirasi untuk pembacanya. Teks ini dapat berasal dari kisah nyata maupun fiktif yang mengandung inspirasi di dalamnya.

Sama seperti teks lainnya, teks cerita inspiratif juga memiliki struktur agar mudah dipahami. Berikut ini pengertian, struktur, dan contoh teks cerita inspiratif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baca juga:
13+ Contoh Teks Deskripsi Lengkap dengan Strukturnya

Struktur dan Pengertian Teks Cerita Inspiratif
Orientasi
Bagian orientasi menjadi suatu pembuka, karena umumnya terdapat bentuk pengenalan. Dalam bagian ini, kamu akan menemukan semacam pengenalan tokoh, latar, dan juga latar belakang cerita.

Rangkaian Peristiwa
Rangkaian peristiwa merupakan bagian yang berisi kisah maupun peristiwa yang dialami oleh tokoh. Bagian ini umumnya dikenal sebagai penghantar dari peristiwa awal menuju klimaks (puncak) cerita.

Komplikasi
Dalam bagian komplikasi menjadi tahap puncak dari seluruh peristiwa yang dialami oleh tokoh. Selain itu, bagian ini akan menuntun kamu dari puncak konflik hingga ditemukannya solusi.

Resolusi
Bagian resolusi masuk dalam tahapan penyelesaian masalah yang dialami oleh tokoh. Seluruh peristiwa maupun konflik dalam rangkaian peristiwa dan komplikasi terselesaikan dalam bagian ini.

Koda
Koda merupakan bagian yang berisi penutup dari teks cerita inspiratif. Selanjutnya, dalam bagian ini juga berisi kesimpulan maupun pesan moral yang dapat diambil.

Kumpulan Contoh Teks Inspiratif beserta Strukturnya
Merangkum dari buku “The Power of Story (100 Kisah Inspiratif Penghidup Hati), berikut berbagai contoh teks cerita inspiratif singkat beserta strukturnya.

Contoh Teks Cerita Inspiratif #1: RENUNGAN SANG IBU
Orientasi:

Seorang ibu terduduk di kursi rodanya suatu sore di tepi danau, ditemani anaknya yang sudah mapan dan berkeluarga.

Rangkaian Peristiwa:

Sang ibu bertanya, “Itu burung apa yang berdiri disana, Nak?”

Anaknya menjawab dengan sopan, “Bangau ibu.”

Tak lama kemudian sang ibu bertanya lagi, “Itu yang warna putih burung apa?”

Sedikit kesal anaknya menjawab, “Ya bangau Ibu…”

Komplikasi:

Kemudian ibunya kembali bertanya, “Lantas itu burung apa?” Ibunya menunjuk burung bangau tadi yg sedang terbang.

Dengan nada kesal si anak menjawab, “Ya bangau ibu. Kan sama saja..! Memangnya ibu gak liat dia terbang?!”

Resolusi:

Air menetes dari sudut mata sang Ibu sambil berkata pelan, “Dulu, 26 tahun yang lalu aku memangkumu dan menjawab pertanyaan yang sama untukmu sebanyak 10 kali. Sedangkan saat ini aku hanya bertanya 3 kali, tapi kau membentakku 2 kali.”

Si anak terdiam, dan memeluk ibunya.

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Pernahkah kita memikirkan apa yang telah diajarkan oleh seorang ibu kepada kita?

Sayangilah ibu kita dengan sungguh-sungguh karena surga berada di telapak kaki Ibu. Mohonlah ampunan jika kita pernah menyakiti hati ibu.

Pernahkah kita ngomelin dia? Pernah!

Pernahkah kita cuekin dia? Pernah!

Pernahkah kita memikirkan apa yang dia pikirkan? Enggak!

Sebenarnya apa yang dia pikirkan? ‘Takut’ (Takut tidak bisa melihat kita senyum, nangis atau ketawa lagi. Takut tidak bisa mengajar kita lagi).

Contoh Teks Cerita Inspiratif #2: BAKTIKU YANG SEBENARNYA
Orientasi:

Di sebuah kota pernah ada tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan, mereka yang dibuang adalah orang tua yang sudah tidak berdaya sehingga tidak memberatkan kehidupan anak-anaknya.

Rangkaian Peristiwa:

Pada suatu hari ada seorang pemuda yang berniat membuang ibunya ke hutan, karena sang ibu telah lumpuh dan mulai pikun. Si pemuda tampak bergegas menyusuri hutan sambil menggendong ibunya itu. Sang ibu yang kelihatan tak berdaya berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya dan mematahkannya kemudian menaburkannya di sepanjang jalan yang mereka lalui.

Komplikasi:

Sesampai di dalam hutan yang sangat lebat, si anak menurunkan ibu tersebut dan mengucapkan kata perpisahan sambil berusaha menahan sedih karena ternyata dia juga tidak menyangka sanggup melakukan perbuatan ini.

Justru sang ibu yang tampak tegar, dalam senyumnya dia berkata, “Anakku, aku sangat menyayangimu. Dari kau kecil sampai dewasa aku selalu merawatmu dengan segenap cintaku. Bahkan sampai hari ini rasa sayangku tidak berkurang sedikitpun. Tadi aku sudah menandai sepanjang jalan yang kita lewati dengan ranting-ranting kayu. Aku takut kau tersesat, ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai di rumah.”

Resolusi:

Demi mendengar kata-kata tersebut, si anak menangis dengan sangat keras, kemudian langsung memeluk ibunya dan kembali menggendonya untuk membawa sang ibu pulang ke rumah. Pemuda tersebut akhirnya merawat ibu yang sangat mengasihinya tersebut sampai sang ibu meninggal.

Koda:

Pembaca yang luar biasa, orang tua bukan barang yang bisa dibuang atau diabaikan setelah terlihat tidak berdaya. Menitipkan mereka di panti jompo, dan hanya mengunjungi jika sempat tidak jauh lebih mulia dibanding membuang mereka di hutan dan membiarkan mereka meninggal dalam kesendirian merindukan perhatian dan kasih sayang orang-orang yang mereka kasihi.

Mari mencoba selalu berbakti kepada orang tua kita dengan sebaik-baiknya. Mumpung mereka masih hidup dan belum terlambat. Dengan cara islami dan meneladani Rasulullah Saw. Dan jika mereka telah wafat, jangan lupa kita selalu mendoakannya, karena doa itu energi bagi orang yang telah wafat. Semoga Allah menyayangi para orang tua kita, seperti orang tua menyayangi kita di waktu kecil…

Contoh Teks Cerita Inspiratif #3: DAN INIPUN AKAN BERLALU
Orientasi:

Pada suatu hari, sang raja meminta kepada tukang emasnya yang sudah tua untuk menuliskan sesuatu di dalam cincinnya. Raja berpesan, “Tuliskanlah sesuatu yang bisa kamu simpulkan dari seluruh pengalaman dan perjalanan hidupmu, supaya itu pun bisa menjadi pelajaran untuk hidupku.”

Rangkaian Peristiwa:

Berbulan-bulan si tukang emas yang tua itu membuat cincinnya, lalu lebih sulitnya menuliskan apa yang penting di cincin emas kecil itu. Akhirnya setelah berdoa dan merenungkan, si tukang emas itu pun menyerahkan cincinnya pada sang raja. Dan dengan tersenyum, sang raja membaca tulisan kecil di cincin itu. Bunyinya:

“THIS TOO, WILL PASS (DAN YANG INIPUN AKAN BERLALU)”

Komplikasi:

Awalnya sang raja tidak terlalu paham dengan apa yang tertulis di sana. Tetapi, suatu ketika, tatkala menghadapi persoalan kerajaan yang pelik, akhirnya ia membaca tulisan di cincin itu dan ia pun menjadi lebih tenang, “DAN INIPUN AKAN BERLALU.” Dan tatkala ia sedang bersenang-senang, ia pun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu, lantas ia menjadi rendah hati kembali.

Resolusi:

Benar. Ketika kita lagi menghadapi masalah besar atau pun sedang dalam kondisi gembira, ingatlah kalimat itu: “DAN INIPUN AKAN BERLALU.” Kalimat ini, kalau direnungkan dengan bijak akan mengantarkan diri kita pada keseimbangan hidup. Tidak ada satupun yang langgeng.

Koda:

Jadi, ketika kita mempunyai masalah, tidaklah perlu terlalu bersedih. Tetapi, tatkala kita sedang dalam keadaan senang, nikmatilah selagi kita bisa senang. Ingatlah, apapun yang kita hadapi saat ini, semuanya akan berlalu.

Maka, jadilah orang yang:

Tetap SEJUK di tempat yang PANAS.

Tetap MANIS di tempat yang begitu PAHIT.

Tetap merasa KECIL meskipun telah menjadi BESAR.

Tetap TENANG di tengah BADAI HEBAT.

Tetap selalu MENGANDALKAN TUHAN dalam segala perkara

Contoh Teks Cerita Inspiratif #4: KETIKA TUHAN MENJATUHKAN BATU DAN UANG
Orientasi:

Seorang pekerja pada proyek bangunan memanjat ke atas tembok yang sangat tinggi. Pada suatu saat ia harus menyampaikan pesan penting kepada teman kerjanya yang ada di bawahnya.

Rangkaian Peristiwa:

Pekerja itu berteriak-teriak tetapi temannya tidak bisa mendengarnya karena suara bising dari mesin-mesin dan orang-orang yang bekerja, sehingga usahanya sia-sia saja. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian orang yang ada di bawahnya, ia mencoba melemparkan uang logam di depan temannya. Temannya berhenti bekerja, mengambil uang itu lalu bekerja kembali.

Komplikasi-Resolusi:

Pekerja itu mencoba lagi, tetapi usahanya yang kedua pun memperoleh hasil yg sama. Tiba-tiba ia mendapat ide. Ia mengambil batu kecil lalu melemparkannya ke arah orang itu. Batu itu tepat mengenai kepala temannya, dan karena merasa sakit temannya menengadah ke atas. Sekarang pekerja itu dapat menjatuhkan catatan yang berisi pesannya.

Koda:

Pembaca yang luar biasa, dari sepetik kisah tersebut memberikan pelajaran kepada kita bahwa Tuhan terkadang menggunakan pengalaman-pengalaman yang menyakitkan untuk membuat kita menengadah kepada-Nya. Seringkali Tuhan memberi berkat, tetapi itu tidak cukup untuk membuat kita menengadah kepada-Nya. Karena itu memang lebih tepat jika Tuhan menjatuhkan ‘batu’ kepada kita.

Contoh Teks Cerita Inspiratif #5: MEMBALAS DENGAN KEBAIKAN
Orientasi:

Di suatu desa ada seorang petani mempunyai tetangga yang profesinya sebagai pemburu dan mempunyai anjing-anjing yang galak dan kurang terlatih. Anjing-anjing itu sering melompati pagar dan mengejar-ngejar domba milik petani. Petani itu meminta tetangganya untuk menjaga anjing-anjingnya, tetapi ia tidak mau peduli.

Rangkaian Peristiwa-Komplikasi:

Suatu hari anjing-anjing itu menyerang beberapa domba hingga terluka parah. Petani itu merasa tak sabar, dan memutuskan pergi ke kota untuk berkonsultasi kepada seorang hakim. Hakim itu mendengarkan cerita petani itu dengan hati-hati dan berkata, “Saya bisa saja menghukum pemburu itu dan memerintahkan dia untuk merantai dan mengurung anjing-anjingnya. Tetapi Anda akan kehilangan seorang teman dan mendapatkan seorang musuh. Mana yang kau inginkan, teman atau musuh yang jadi tetanggamu?”

Resolusi:

Petani itu menjawab bahwa ia lebih suka mempunyai seorang teman. “Baik, saya akan menawari Anda sebuah solusi yang mana Anda harus menjaga domba Anda agar tetap aman dan ini akan membuat tetangga Anda tetap sebagai teman.”

Mendengar solusi sang hakim, petani itu setuju. Ketika sampai di rumah, petani itu segera melaksanakan solusi sang hakim. Dia mengambil tiga domba terbaiknya dan menghadiahkannya kepada ketiga anak tetangganya itu. Tetangganya menerima dengan suka cita dan anaknya mulai bermain dengan domba-domba itu. Untuk menjaga mainan baru anaknya, si pemburu itu mengkerangkeng anjing pemburunya.

Sejak saat itu anjing-anjing itu tidak pernah mengganggu domba milik petani. Untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedermawanan petani kepada anak-anaknya, pemburu itu sering membagi hasil buruan kepada petani. Sebagai balasannya, sang petani mengirimkan daging domba dan keju buatannya. Akhirnya tetangga itu menjadi teman yg baiknya.

Koda:

Ada sebuah ungkapan kuno mengatakan, “CARA TERBAIK UNTUK ‘MENGALAHKAN’ DAN MEMPENGARUHI ORANG ADALAH DENGAN KEBAJIKAN DAN BELAS KASIH.”

Contoh Teks Cerita Inspiratif #6: BOCAH SURGA
Orientasi:

Dikisahkan bahwa ada seorang lelaki tua sedang berjalan-jalan di tepi sungai, sedang dia berjalan-jalan dia terpandang seorang anak kecil sedang mengambil air wudhu’ sambil menangis.

Rangkaian Peristiwa:

Orang tua itu melihat anak kecil tadi menangis, dia pun berkata, “Wahai anak kecil kenapa kamu menangis?”

Maka berkata anak kecil itu, “Wahai paman saya telah membaca ayat al-Qur’an sehingga sampai kepada ayat yang berbunyi, ‘Yaa ayyuhal ladziina aamanuu quu anfusakum’ yang artinya, ‘Wahai orang-orang yang beriman, jagalah olehmu sekalian akan dirimu.’ Saya menangis sebab saya takut akan dimasukkan ke dalam api neraka.”

Berkata orang tua itu, “Wahai anak, janganlah kamu takut, sesungguhnya kamu terpelihara dan kamu tidak akan dimasukkan ke dalam api neraka.”

Komplikasi:

Berkata anak kecil itu, “Wahai paman, paman adalah orang yang berakal, tidakkah paman melihat ketika orang menyalakan api maka yang pertama sekali yang mereka akan letakkan ialah ranting-ranting kayu yang kecil dahulu kemudian baru mereka letakkan yang besar. Jadi, tentulah saya yang kecil ini akan dibakar dahulu sebelum dibakar orang dewasa.”

Resolusi:

Berkata orang tua itu, sambil menangis, “Sesungguhnya anak kecil ini lebih takut kepada neraka daripada orang yang dewasa maka bagaimanakah keadaan kami nanti?”

Koda:

Subhanallah…

Pelajaran berharga untuk kita, betapa pola pikir lugu sang anak membawanya menjadi sosok yang begitu takut kepada Allah. Maka bagaimana dengan kita? Sudahkah kita yang dewasa dan mengaku banyak ilmu telah benar-benar menyadari adanya siksa Allah? Semoga kita senantiasa mengingat akhir kehidupan kita…

Contoh Teks Cerita Inspiratif #7: ANAK BUTA
Orientasi:

“BERPIKIRLAH DARI SUDUT PANDANG YANG BERBEDA…”

Seorang anak buta duduk bersila di sebuah tangga pintu masuk pada sebuah supermarket. Dia adalah pengemis yang mengharapkan belas kasihan dari para pengunjung yang berlalu lalang di depannya.

Rangkaian Peristiwa:

Sebuah kaleng bekas berdiri tegak di depan anak itu dengan hanya beberapa keping uang receh di dalamnya, sedangkan kedua tangannya memegang sebuah papan yang bertuliskan: “SAYA BUTA, KASIHANILAH SAYA.”

Ada seorang pria dewasa yang kebetulan lewat di depan anak kecil itu. Ia merogoh sakunya, mengeluarkan beberapa keping uang receh, lalu memasukkannya ke dalam kaleng anak itu. Sejenak, pria kaya itu memandang dan memperhatikan tulisan yang terpampang pada papan. Seperti sedang memikirkan sesuatu, dahinya mulai bergerak-gerak.

Komplikasi:

Lalu pria itu meminta papan yang dibawa anak itu, membaliknya, dan menuliskan beberapa kata di atasnya. Sambil tersenyum, pria dewasa itu kemudian mengembalikan papan tersebut, lalu pergi meninggalkannya. Sepeninggal pria itu, uang recehan pengunjung supermarket mulai mengalir lebih deras ke dalam kaleng anak itu. Kurang dari satu jam, kaleng anak itu sudah hampir penuh. Sebuah rejeki yang luar biasa bagi anak itu.

Resolusi:

Beberapa waktu kemudian pria dewasa itu kembali menemui si anak lalu menyapanya. Si anak berterima kasih kepada pria itu, lalu menanyakan apa yang ditulis sang pria di papan miliknya. Pria itu menjawab, “Saya menulis, ‘HARI YANG SANGAT INDAH, TETAPI SAYA TIDAK BISA MELIHATNYA.’ Saya hanya ingin mengutarakan betapa beruntungnya orang masih bisa melihat. Saya tidak ingin pengunjung memberikan uangnya hanya sekedar kasihan sama kamu. Saya ingin mereka memberi atas dasar terima kasih karena telah diingatkan untuk selalu bersyukur.”

Koda:

Pembaca yang luar biasa, pria yang ada dalam kisah di atas sebenarnya telah mengajarkan kepada kita bahwa:

“KETIKA HIDUP MEMBERI KITA 100 ALASAN UNTUK MENANGIS, TUNJUKKANLAH BAHWA MASIH ADA 1000 ALASAN UNTUK TERSENYUM.”

Contoh Teks Cerita Inspiratif #7: BERAT SEGELAS AIR
Orientasi:

Pada saat proses perkuliahan di kelas, seorang Dosen mengangkat segelas air dan bertanya kepada para mahasiswanya, “Seberapa berat menurut anda, kira-kira segelas air ini?”

Rangkaian Peristiwa-Komplikasi:

Kemudian, para mahasiswa pun menjawab beragam, mulai dari 200 gram sampai 500 gram.

“Ini bukanlah masalah berat absolutnya. Tapi tergantung berapa lama Anda memegangnya,” kata Dosen.

“Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh. Mungkin Anda harus memanggilkan ambulan untuk saya.”

“Berat sebenarnya sama. Tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat. Karena itu, jika kita membawa beban kita terus-menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya. Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut. Istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi.”

Resolusi:

“Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi. Jadi, sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan ini. Tinggalkan beban pekerjaan. Jangan bawa pulang. Beban itu dapat diambil lagi besok. Apapun beban yang ada di pundak Anda hari ini, coba tinggalkan sejenak jika bisa. Setelah beristirahat, nanti dapat diambil lagi.”

“Hidup ini singkat. Jadi, cobalah menikmatinya dan memanfaatkannya. Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak dapat dilihat, atau disentuh. Tapi dapat dirasakan jauh di relung hati kita.”

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Demikian pula dengan kepenatan atau stress. Bila kita tidak mampu melepaskan sedikit demi sedikit, tentu kita dapat membayangkan apa yang akan terjadi. Inilah yang sempat terjadi kita. Semoga bisa kita ambil sebagai pelajaran untuk menjadi personal yang lebih baik.

Contoh Teks Cerita Inspiratif #8: KAYA ATAU MISKIN?
Orientasi:

Suatu hari, seorang ayah dari keluarga yang makmur mengajak anak lelakinya ke suatu daerah untuk memperlihatkan padanya bagaimana kehidupan masyarakat miskin. Mereka menghabiskan beberapa waktu di peternakan untuk merasakan kehidupan keluarga miskin.

Rangkaian Peristiwa-Komplikasi:

Dalam perjalanan pulang, sang ayah bertanya pada anak lelakinya, “Bagaimana perjalanannya?”

“Ini menyenangkan, Ayah,” jawab si anak.

“Apakah kamu bisa melihat kehidupan orang miskin?” tanya sang Ayah.

“Oh, ya,” jawab anaknya.

“Jadi, katakan padaku, apa yang kamu pelajari dari perjalanan ini?” tanya sang Ayah.

“Aku melihat bahwa kita punya satu ekor anjing dan mereka punya empat ekor anjing. Kita punya kolam renang yang menjangkau taman kita dan mereka punya teluk yang tak berujung. Kita punya lampu taman buatan luar negeri dan mereka punya bintang dilangit malam,” jawab sang anak.

“Teras belakang kita menjangkau pekarangan dan mereka punya seluruh alam semesta. Kita punya sejengkal tanah untuk hidup dan mereka punya ladang luas untuk hidup selamanya. Kita punya banyak pembantu yang melayani kita, tapi mereka saling melayani. Kita selalu membeli makan, tapi mereka menyediakan sendiri. Kita punya dinding-dinding untuk melindungi harta benda kita, mereka punya teman untuk melindungi mereka,” lanjut sang anak.

Resolusi:

Sang Ayah hanya terdiam terpaku.

Lalu sang anak menambahkan, “Terima kasih Ayah untuk menunjukkan seberapa miskinnya kita.”

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Bukankah ini hal yang indah untuk direnungkan? Membuat kita menyadari apa yang akan terjadi jika kita bersyukur atas apa yang kita miliki, dibanding hanya mengkhawatirkan apa yang tidak kita miliki. Bersyukurlah atas segala sesuatu yang kita miliki. Satu hal lagi yang bisa kita renungi adalah: “CARA PANDANG YANG BERBEDA DALAM MENYIKAPI SUATU HAL, BISA BERDAMPAK BERBEDA PULA.”

Contoh Teks Cerita Inspiratif #9: ARLOJI HILANG
Orientasi:

Ada seorang tukang kayu. Suatu saat, ketika sedang bekerja, secara tak disengaja arlojinya terjatuh dan terbenam di antara tingginya tumpukan serbuk kayu. Arloji itu adalah sebuah hadiah dan telah dipakainya cukup lama. Ia amat mencintai arloji tersebut.

Rangkaian Peristiwa-Komplikasi:

Karenanya ia berusaha sedapat mungkin untuk menemukan kembali arlojinya. Sambil mengeluh mempersalahkan keteledoran diri sendiri si tukang kayu itu membongkar tumpukan serbuk yang tinggi itu. Teman-teman pekerja yang lain juga turut membantu mencarinya. Namun sia-sia saja, arloji kesayangan itu tetap tak ditemukan. Tibalah saat makan siang. Para pekerja serta pemilik arloji tersebut dengan semangat yang lesu meninggalkan bengkel kayu tersebut. Saat itu seorang anak yang sejak tadi memperhatikan mereka mencari arloji itu, datang mendekati tumpukan serbuk kayu tersebut. Ia menjongkok dan mencari.

Resolusi:

Tak berapa lama berselang ia telah menemukan kembali arloji kesayangan si tukang kayu tersebut. Tentu si tukang kayu itu amat gembira. Namun ia juga heran, karena sebelumnya banyak orang telah membongkar tumpukan serbuk namun sia-sia. Tapi anak ini cuma seorang diri saja, dan berhasil menemukan arloji itu.

“Bagaimana caranya engkau mencari arloji ini?” tanya si tukang kayu.

“Saya hanya duduk secara tenang di lantai. Dalam keheningan itu saya bisa mendengar bunyi tik-tak, tik-tak. Dengan itu saya tahu di mana arloji itu berada,” jawab anak itu.

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Dari kisah ini, hikmah yang bisa kita petik adalah di antara kesibukan dan keruwetan kita dalam mengurusi kebutuhan dunia, butuh sedikit waktu untuk menyendiri dan merenungkan nikmat Allah dan introspeksi diri (muhasabah). Umar bin Abdul Azis mengungkapkan:

“MERENUNGKAN TENTANG NIKMAT ALLAH SUNGGUH MERUPAKAN SALAH SATU IBADAH YANG UTAMA.

Contoh Teks Cerita Inspiratif #10: KEMAMPUAN SEBUAH JAM
Orientasi-Rangkaian Peristiwa:

Ada seorang pembuat jam tangan berkata kepada jam yang sedang dibuatnya, “Hai jam, apakah kamu sanggup untuk berdetak paling tidak 31.104.000 kali selama setahun?”

“Hah?” kata jam terperanjat

“Mana sanggup saya?” lanjut si jam

“Bagaimana kalau 86.400 kali dalam sehari?” tanya pembuat jam

“Delapan puluh enam ribu empat ratus kali? tanya jam

Komplikasi:

Dengan jarum yang ramping-ramping seperti ini?” jawab jam penuh keraguan.

“Bagaimana kalau 3.600 kali dalam satu jam?” kata tukang jam

“Dalam satu jam harus berdetak 3.600 kali? Banyak sekali itu.” tetap saja jam ragu-ragu dengan kemampuan dirinya.

Resolusi:

Tukang jam itu dengan penuh kesabaran kemudian bicara kepada si jam. “Kalau begitu, sanggupkah kamu berdetak satu kali setiap detik?”

“Nah, kalau begitu, aku sanggup,” kata jam dengan penuh antusias. Maka, setelah selesai dibuat, jam itu berdetak satu kali setiap detik. Tanpa terasa, detik demi detik terus berlalu dan jam itu sungguh luar biasa karena ternyata selama satu tahun penuh dia telah berdetak tanpa henti. Dan itu berarti ia telah berdetak sebanyak 31.104.000 kali.

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Maksud dari kisah tersebut, ada kalanya kita ragu-ragu dengan segala tugas pekerjaan yang begitu terasa berat. Namun sebenarnya kalau kita sudah menjalankannya, kita ternyata mampu. Bahkan yang semula kita anggap impossible untuk dilakukan sekalipun. “JANGAN BERKATA ‘TIDAK’ SEBELUM KITA PERNAH MENCOBANYA.”

Contoh Teks Cerita Inspiratif #11: BOCAH GUNUNG
Orientasi:

Seorang bocah mengisi waktu luang dengan kegiatan mendaki gunung bersama ayahnya.

Rangkaian Peristiwa:

Entah mengapa, tiba-tiba si bocah tersandung akar pohon dan jatuh.

“Aduhh..!!” jeritannya memecah keheningan suasana pegunungan.

Si bocah amat terkejut, ketika ia mendengar suara di kejauhan menirukan teriakannya persis sama, “Aduhh..!!”

Komplikasi:

Dasar anak-anak, ia berteriak lagi, “Hei..!! Siapa kau?”

Jawaban yang terdengar, “Hei..!! Siapa kau?”

Lantaran kesal mengetahui suaranya selalu ditirukan, si anak berseru, “Pengecut kamu..!!” Lagi-lagi ia terkejut ketika suara dari sana membalasnya dengan umpatan serupa. Ia bertanya kepada sang ayah, “Apa yang terjadi?”

Resolusi:

Dengan penuh kearifan sang ayah tersenyum, “Anakku, coba perhatikan.” Lelaki itu berkata keras, “Saya kagum padamu..!!”

Suara di kejauhan menjawab, “Saya kagum padamu..!!

Sekali lagi sang ayah berteriak, “Kamu sang juara..!!”

Suara itu menjawab, “Kamu sang juara..!!”

Sang bocah sangat keheranan, meski demikian ia tetap belum mengerti. Lalu sang ayah menjelaskan, “Suara itu adalah gema, tapi sesungguhnya itulah kehidupan.”

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Kehidupan ini memberi umpan balik atas semua ucapan dan tindakan kita. Dengan kata lain, kehidupan kita adalah sebuah pantulan atau bayangan atas tindakan kita. Bila kita ingin mendapatkan lebih banyak cinta di dunia ini, ciptakan cinta di dalam hati kita. Bila menginginkan tim kerja kita punya kemampuan tinggi, tingkatkan kemampuan itu. Hidup akan memberikan kembali segala sesuatu yang telah kita berikan kepadanya. Ingat, hidup bukan sebuah kebetulan tapi sebuah bayangan diri kita.

Baca juga:
20+ Contoh Teks Iklan Singkat Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Cerita Inspiratif #12: KENTANG DAN DENDAM
Orientasi:

Suatu waktu, ada seorang guru yang meminta murid-muridnya untuk membawa satu kantong plastik ke sekolah.

Rangkaian Peristiwa:

Kemudian, dia meminta setiap anak untuk memasukkan satu kentang berukuran kelereng yang telah disediakan ke dalam kantong untuk setiap orang yang berbuat salah pada mereka dan tak mau mereka maafkan. Kantong itu harus mereka bawa selama satu minggu.

Komplikasi:

Anak-anak diminta menuliskan nama orang itu dan tanggal kejadian pada kulit kentang. Dan kantong tersebut harus dibawa kemanapun mereka pergi selama satu minggu penuh. Kantong itu, harus berada di sisi mereka saat tidur, di letakkan di meja saat mereka belajar, dan ditenteng saat berjalan. Menjadikan kantong itu sebagai teman mereka. Ada beberapa anak yang memiliki kantong yang ringan, namun tidak sedikit juga yang memiliki plastik kelebihan beban.

Resolusi:

Hari berganti hari, kentang itu makin membusuk dan mengeluarkan bau yang tak sedap. Hampir semua anak mengeluh dengan pekerjaan ini. Akhirnya, waktu satu minggu itu pun selesai. Dan semua anak, agaknya banyak yang memilih untuk membuangnya daripada menyimpannya terus menerus.

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Ada hikmah dibalik kisah ini. Saat kita tidak mau memaafkan seseorang, maka itu seperti kita sedang membawa beban. Iya, membawa beban di hati kita. Memberi maaf adalah lebih mudah dan ringan daripada membawa beban yang akan memperlambat pikiran juga gerak kita. Iya, memperlambat pikiran yang seharusnya memikirkan hal lain, harus terisi sebagian oleh siapa dan kenapa kita tidak memberi maaf. Saat kita menyimpan dan memendam kemarahan, dendam, maka sebenarnya kita sedang membawa kebusukan dihati kita. Akan ada perasaan berat, tertekan, juga kegalauan menyelimuti hati kita. Dan ini adalah suatu penyakit.

Segala sesuatu yang busuk, jika tidak segera dibuang, maka pada saatnya nanti akan dibuang beserta wadahnya. Begitu pula dengan kita, jika kebencian itu tidak segera dibuang dari hati kita, maka kitalah yang akan dipinggirkan dari sekeliling kita. Mungkin kita berpikir, memaafkan adalah hadiah bagi orang yang kita beri maaf. Namun, harus kita sadari, bahwa pemberian itu adalah juga hadiah buat diri kita sendiri. Hadiah untuk sebuah kebebasan. Kebebasan dari rasa tertekan, rasa dendam, rasa amarah, dan kedegilan hati.

Contoh Teks Cerita Inspiratif #13: KESEMPATAN HIDUP
Orientasi-Rangkaian Peristiwa:

Di sebuah ladang yang subur, terdapat dua buah bibit tanaman yang terhampar. Bibit yang pertama berkata, “Aku ingin tumbuh besar. Aku ingin menjejakkan akarku sangat dalam di tanah ini, dan menjulangkan tunas-tunasku di atas kerasnya tanah ini. Aku ingin membentangkan semua tunasku, untuk menyampaikan salam musim semi. Aku ingin merasakan kehangatan matahari, serta kelembutan embun pagi di pucuk-pucuk daunku.” Dan bibit yang pertama inipun tumbuh, makin menjulang.

Komplikasi:

Bibit yang kedua bergumam, “Aku takut. Jika kutanamkan akarku ke dalam tanah ini, aku tak tahu, apa yang akan kutemui di bawah sana. Bukankah disana sangat gelap? Dan jika ku terobosan tunasku ke atas, bukankah nanti keindahan tunas-tunasku akan hilang? Tunasku ini pasti akan terkoyak. Apa yang akan terjadi jika tunasku terbuka, dan siput-siput mencoba untuk memakannya? Dan pasti, jika aku tumbuh dan merekah, semua anak kecil akan berusaha untuk mencabutku dari tanah. Tidak, akan lebih baik jika aku menunggu sampai semuanya aman.” Dan bibit itupun menunggu, dalam kesendirian.

Resolusi:

Beberapa pekan kemudian, seekor ayam mengais tanah itu, menemukan bibit yang kedua tadi, dan memakannya segera.

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Memang selalu saja ada pilihan dalam hidup. Selalu saja ada lakon-lakon yang harus kita jalani. Namun, seringkali kita berada dalam kepesimisan, kengerian, keraguan, dan kebimbangan-kebimbangan yang kita ciptakan sendiri. Kita kerap terbuai dengan alasan-alasan untuk tak mau melangkah, tak mau menatap hidup. Karena hidup adalah pilihan, maka hadapilah itu dengan gagah. Dan karena hidup adalah pilihan, maka, pilihlah dengan bijak. Setiap pilihan selalu ada resiko yang mengiringinya. Namun, jangan sampai ketakutan, keraguan dan kebimbangan, menghentikan langkah kita.

Contoh Teks Cerita Inspiratif #14: SANDAL KULIT SANG RAJA
Orientasi:

Alkisah, seorang Maharaja akan berkeliling negeri untuk melihat keadaan rakyatnya. Ia memutuskan untuk berjalan kaki saja. Baru beberapa meter berjalan di luar istana kakinya terluka karena terantuk batu. Ia berpikir, “Ternyata jalan-jalan di negeriku ini jelek sekali. Aku harus memperbaikinya.”

Rangkaian Peristiwa:

Maharaja lalu memanggil seluruh menteri istana. Ia memerintahkan untuk melapisi seluruh jalan-jalan di negerinya dengan kulit sapi yang terbaik. Segera saja para menteri istana melakukan persiapan-persiapan. Mereka mengumpulkan sapi-sapi dari seluruh negeri.

Komplikasi:

Di tengah-tengah kesibukan yang luar biasa itu, datanglah seorang pertapa menghadap Maharaja. Ia berkata pada Maharaja, “Wahai Paduka, mengapa Paduka hendak membuat sekian banyak kulit sapi untuk melapisi jalan-jalan di negeri ini, padahal sesungguhnya yang Paduka perlukan hanyalah dua potong kulit sapi untuk melapisi telapak kaki Paduka saja.

Resolusi:

“Konon sejak itulah dunia menemukan kulit pelapis telapak kaki yang kita sebut ‘Sandal’.”

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Ada pelajaran yang berharga dari kisah tersebut. Untuk membuat dunia menjadi tempat yang nyaman untuk hidup, kadangkala, kita harus mengubah cara pandang kita, hati kita, dan diri kita sendiri, bukan dengan jalan mengubah dunia itu atau bahkan malah menyesali takdir yang telah terjadi dalam kehidupannya.

Karena kita seringkali keliru dalam menafsirkan dunia. Dunia, dalam pikiran kita kadang hanyalah suatu bentuk personal. Dunia, kita artikan sebagai milik kita sendiri, yang pemainnya adalah kita sendiri. Tak ada orang lain yang terlibat di sana, sebab, seringkali dalam pandangan kita, dunia, adalah bayangan diri kita sendiri. Ya, memang jalan kehidupan yang kita tempuh masih terjal dan berbatu. Manakah yang kita pilih, melapisi setiap jalan itu dengan permadani berbulu agar kita tak pernah merasakan sakit, atau melapisi hati kita dengan kulit pelapis, agar kita dapat bertahan melalui jalan-jalan itu?

Contoh Teks Cerita Inspiratif #15: JANGAN SOMBONG
Orientasi:

Ada seorang filsuf yang menaiki sebuah perahu kecil ke suatu tempat. Karena merasa bosan dalam perahu, kemudian dia pun mencari pelaut untuk berdiskusi.

Rangkaian Peristiwa:

Filsuf menanyakan kepada pelaut itu, “Apakah Anda mengerti filosofi?”

“Tidak mengerti,” Jawab si pelaut.

“Wah, sayang sekali, Anda telah kehilangan setengah dari seluruh kehidupan Anda.”

“Apakah Anda mengerti matematika?” Filsuf tersebut bertanya lagi.

“Tidak mengerti juga,” Jawab si pelaut.

Filsuf itu, menggelengkan kepalanya seraya berkata,”Sayang sekali, bahkan Anda tidak mengerti akan matematika. Berarti Anda telah kehilangan lagi setengah dari kehidupan Anda.”

Komplikasi-Resolusi:

Tiba-tiba ada ombak besar, membuat perahu tersebut terombang-ambing. Ada beberapa tempat telah kemasukan air. Perahu tersebut akan tenggelam, filsuf tersebut ketakutan. Seketika, pelaut pun bertanya kepada filsuf, “Tuan, apakah Anda bisa berenang?”

Filsuf dengan cepat menggelengkan kepalanya dan berkata, “Saya tidak bisa, cepat tolonglah saya.”

Pelaut menertawakannya dan berkata, “Berenang Anda tidak bisa, apa arti dari kehidupan Anda? Berarti Anda akan kehilangan seluruh kehidupan Anda.”

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Semua orang sebenarnya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Bangga atas prestasi itu wajar saja, tetapi jangan sampai membuat diri sendiri menjadi sombong maupun angkuh akan prestasi tersebut. Ingatlah, selalu ada yang lebih pintar dari kita. Dan kita juga masih perlu belajar dari kelebihan orang lain.

Contoh Teks Cerita Inspiratif #16: ARTI CINTA DARI CICAK
Orientasi:

Ketika sedang merenovasi sebuah rumah, seseorang mencoba merontokan tembok. Rumah ini memiliki ruang kosong di antara tembok yang terbuat dari kayu.

Rangkaian Peristiwa:

Ketika tembok mulai rontok, dia menemukan seekor cicak terperangkap di antara ruang kosong itu karena kakinya melekat pada sebuah surat. Dia merasa kasihan sekaligus penasaran. Lalu ketika dia mengecek surat itu, ternyata surat tersebut telah ada di situ sepuluh tahun lalu ketika rumah itu pertama kali dibangun.

Komplikasi:

Apa yang terjadi? Bagaimana cicak itu dapat bertahan dengan kondisi terperangkap selama sepuluh tahun? Dalam keadaan gelap selama sepuluh tahun, tanpa bergerak sedikitpun itu adalah sesuatu yang mustahil dan tidak masuk akal. Orang itu lalu berpikir, bagaimana cicak itu dapat bertahan hidup selama sepuluh tahun tanpa berpindah dari tempatnya sejak kakinya melekat pada surat itu?

Resolusi:

Orang itu lalu menghentikan pekerjaannya dan memperhatikan cicak itu, apa yang dilakukan dan apa yang dimakannya hingga dapat bertahan. Kemudian, tidak tahu dari mana datangnya, seekor cicak lain muncul dengan makanan di mulutnya. Orang itu merasa terharu melihat hal itu. Ternyata ada seekor cicak lain yang selalu memperhatikan cicak yang terperangkap itu selama sepuluh tahun.

Koda:

Pembaca yang luar biasa. Sungguh ini sebuah cinta. Cinta yang indah. Cinta dapat terjadi bahkan pada hewan yang kecil seperti dua ekor cicak itu. Apa yang dapat dilakukan oleh cinta? Tentu saja sebuah keajaiban. Bayangkan, cicak itu tidak pernah menyerah dan tidak pernah berhenti memperhatikan pasangannya selama sepuluh tahun. Bayangkan bagaimana hewan yang kecil itu dapat memiliki karunia yang begitu mengagumkan.

“JANGAN PERNAH MENGABAIKAN ORANG YANG ANDA KASIHI.”

Demikianlah rangkuman berbagai contoh teks cerita inspiratif singkat, lengkap beserta strukturnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi untuk detikers, ya.

Artikel ini ditulis oleh Nindasari, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Baca artikel detikjateng, “16 Contoh Teks Cerita Inspiratif Singkat Lengkap dengan Strukturnya” selengkapnya https://www.detik.com/jateng/berita/d-7212297/16-contoh-teks-cerita-inspiratif-singkat-lengkap-dengan-strukturnya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *